April 16, 2016

Manfaat dan Bahaya Menggunakan URL Shortener Yang Wajib Kamu Ketahui

a url shortener a simple url shortener g url shortener g.co url shortener j.mp url shortener o google url shortener p.pw url shortener t.co url shortener t.co url shortener api u.nu url shortener v.gd url shortener v.ht url shortener x.co url shortener x.vu url shortener 3.ly url shortener 5 best url shortener 10 url shorteners 10 url shortener

Bekal KamiSecara sederhana link adalah alamat website. Link aktif berwarna biru akan menuju ke sebuah website setelah diklik. Link dari sebuah halaman tertentu dari suatu website bisa sangat panjang. Beberapa tahun terakhir, muncl inovasi bernama "URL Shortener" yang fungsinya memangkas link yang terlalu panjang menjadi lebih pendek. Beberapa contoh URL Shortener yang populer seperti bit.ly, ow.ly, adf.ly dan goo.gl. Sedangkan yang buatan lokal ada de.tk, dan pendek.in

Sayangnya, URL shortener juga memiliki risiko keamanan, seperti yang disebutkan oleh 2 peneliti dalam studi mereka yang berlangsung selama 18 bulan. Vitaly Shmatikov dari Cornell Tech bekerja sama dengan peneliti keamanan Martin Georgiev. Keduanya lalu memeriksa metode pemendekan URL yang digunakan oleh Microsoft pada aplikasi penyimpanan cloud OneDrive mereka dan juga Google pada layanan Maps mereka.

Kedua peneliti tersebut menemukan sebuah hal yang cukup mengerikan. Mereka menyebutkan bahwa Microsoft menggunakan layanan Bitly untuk memendekkan URL yang akan menghubungkan pengguna ke file OneDrive mereka. Metode yang digunakan ini memiliki struktur yang dapat diprediksi. The Next Web menyebutkan, hal ini berarti, seseorang dapat melihat alamat URL lengkap dari sebuah file lalu menduga tautan dari file lain yang disimpan oleh sang pemilik file.

Shmatikov dan Georgiev berhasil menemukan beberapa file termasuk beberapa informasi sensitif menggunakan metode ini. Tidak hanya itu, mereka juga sadar bahwa mereka dapat mengubah isi dari file yang mereka temukan. Hal ini berarti, seseorang dapat dengan mudah memasukkan virus dan malware ke dalam sebuah file yang tersimpan di OneDrive.

Sementara ketika mereka melihat tautan untuk Google Maps, Shmatikov dan Georgiev mengatakan bahwa mereka berhasil memindai URL dari Google dan melihat lokasi dan tujuan sang pengguna. Hal ini mungkin terlihat tidak terlalu berbahaya karena seseorang kriminal siber tidak dapat menemukan informasi yang spesifik dengan cara ini. Namun, sang kriminal sebenarnya dapat mengetahui hal penting seperti alamat rumah seseorang. Untungnya, baik Microsoft dan Google telah memperbaiki metode meringkas URL mereka setelah kedua peneliti tersebut memberitahu mereka tentang kelemahan ini.

Shmatikov dan Georgiev mengatakan bahwa Google dengan segera merespon dan mengimplementasikan token dengan 11 - 12 karakter untuk tautan pada Map mereka dan juga menambahkan keamanan ekstra sehingga URL mereka tidak dapat dipindai oleh sebuah bot. Sayangnya, Microsoft tidak memberikan respon yang baik. Mereka memang telah menghilangkan opsi untuk memendekkan URL pada OneDrive bulan lalu. Namun, mereka menyebutkan bahwa keputusan mereka tidak ada hubungannya dengan penemuan Shmatikov dan Georgiev.

Apakah hal ini berarti perusahaan harus berhenti menawarkan layanan untuk memendekkan URL? Shmatikov menyebutkan bahwa para perusahaan harus memperingatkan pengguna dengan jelas bahwa memendekkan sebuah tautan memiliki risiko dan memberikan celah pada pihak ketiga yang membuatnya dapat mengakses file itu.

Sekian Artikel Dari Saya Mengenai Manfaat dan Bahaya Menggunakan URL Shortener Yang Wajib Kamu Ketahui. Semoga Bermanfaat Bagi Kalian dan Kita Semua, Kemudia  Jangan Lupa Untuk Terus Mengunjungi Blog Bekal Kami - noel48.blogspot.com Untuk Terus Mengetahui Informasi - Infromasi Seputar Dunia Technology Yang Terbaru Menarik dan Terhangat. Baca Juga Tips dan Trick Mengnai Android, Games, Software, Dan Masih Banyak Lagi.

15 komentar

Ternyata itu manfaat dan bahanya, thanks gan jadi tau ane

baru tau ane gan bahayannya

semenjak baca ini,ane harus jadi hati-hati masang url shortener

Nice gan, jadi nambah wawasan ane

untung ane gak terlalu suka url shortener gan

Waaah... mengerikan sekali..!!

wah baru tahu kalo pakek UTL shortener ada resikonya.. thanks infonya gan

Wah iya ini gan ternyata ada sisi baik dan buruknya ya gan sama kayak didunia ini pasti ada resikonya

Berkomentarlah dengan Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Sopan
EmoticonEmoticon