May 19, 2016

6 Cara Menghemat Memori iPhone

Bekal Kami - Smartphone telah menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Demikian juga dengan iPhone, yang menjadi salah satu ponsel cerdas yang terpopuler di masyarakat.

Kapasitas memori yang cukup besar terkadang mengakibatkan pengguna mengunduh aplikasi dan melupakannya. Berikut enam langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi isi memori iPhone dalam waktu 15 menit.

1. Identifikasi Penggunaan Ruang Penyimpanan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui besaran kapasitas yang telah digunakan dan tersedia. Untuk mengetahui hal ini, pergi ke Settings > General > Storage and iCloud Usage. Kemudian, akan tersuguh rincian kapasitas memori perangkat. Rincian besaran kapasitas yang dikonsumsi aplikasi pada perangkat akan tersaji setelah Anda menekan Manage Storage.

Pada Photos and Camera Roll, Anda dapat mengurangi konsumsi memori dengan mengubah pengaturan kamera, untuk mencegah ponsel menciptakan empat file berbeda dari setiap foto yang Anda potret. Untuk melakukan hal ini, pastikan ikon HDR dan Live Photo pada aplikasi kamera dalam keadaan non-aktif.


Anda juga perlu menghapus foto yang tidak ingin disimpan. Agar lebih sederhana, Anda dapat mengatur agar perangkat menghapus foto yang telah disimpan lebih dari satu atau dua tahun. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat mengakses Settings > General > Date and Time.


Terakhir, Anda dapat mengakses folder "Recently Deleted", dan menghapus foto yang tidak Anda sadari tersimpan di perangkat.


Demikian juga untuk konten multimedia. Untuk menghapus lagu tanpa menghilangkannya dari perpustakaan iTunes, Anda dapat mengakses aplikasi Music, mengusap lagu dari arah kanan ke kiri dan ketuk tombol Remove. Sementara untuk film dan acara TV, Anda dapat mengakses aplikasi Video, ketuk "Edit", kemudian ketuk "X" di sudut kiri atas video yang ingin dihapus.


Sementara untuk iMessage, akses melalui Settings > Messages dan gulir ke bagian bawah dan "Message History". Anda juga dapat memilih konten akan kadaluarsa setelah jangka waktu tertentu

2. Membersihkan Cache Aplikasi Facebook
Facebook adalah salah satu aplikasi dengan konsumsi baterai dan kapasitas memori yang besar. Untuk mengurangi penggunaan memori, hapus aplikasi ini dan kemudian pasang kembali. Menurut BGR, hal ini membantu menghapus cache halaman Web dari browser internal Facebook. Lakukan hal yang sama pada aplikasi serupa lainnya seperti Instagram dan Vine.

3. Hapus Podcast Episode Lama
Kecintaan terhadap episode lama acara TV favorit juga perlu dibatasi demi menjaga memori perangkat tetap cukup. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan mengakses Settings > Podcast dan gulir ke bawah. Kemudian akses "Delete Played Episodes".

Anda juga dapat mengatur podcast untuk melakukan refresh secara manual dan membatasi jumlah episode yang dapat diunduh secara otomatis. Sebagai alternatif, akses "Downloads Episodes" dan nonaktifkan.

4. Download Update iOS Terbaru
Langkah ini mungkin merupakan langkah termudah untuk menjaga iPhone berfungsi dengan kapasitas paling efisien. Update dapat membantu membersihkan bug dan memberikan fungsionalitas tambahan. Update iOS 9 terbaru juga mengonsumsi kapasitas lebih sedikit dibandingkan versi sebelumnya.

5. Hapus Data Browser
Menjelajahi browser dapat menimbun data cache dari situs yang Anda kunjungi. Untuk membersihkannya, akses Settings > Safari, gulir ke bawah dan pilih "Clear History and Data.

6. Coba Trik Penyewaan Film
Salah satu anggota Reddit menemukan metode menarik untuk mengurangi konsumsi memori iPhone, dengan menyewa film HD berkapasitas besar. Pilih film yang diinginkan, ketuk "Rent". Setelahnya, Anda akan menerima pesan yang menyebut kapasitas memori perangkat tidak mencukupi.

Ketuk "Rent" beberapa kali, kemudian akses Settings > General > Storage & iCloud Usage. Anda akan menemukan konsumsi memori telah berkurang secara 'ajaib'.

USA Today menyebut, melakukan hal ini bisa membuat iPhone membersihkan cache dan data lain dari aplikasi di perangkat untuk menyediakan ruang untuk film.

Sekian Artikel Dari Saya Mengenai 6 Cara Menghemat Memori iPhone. Semoga Bermanfaat Bagi Kalian dan Kita Semua, Kemudian  Jangan Lupa Untuk Terus Mengunjungi Blog Bekal Kami - noel48.blogspot.co.id Untuk Terus Mengetahui Informasi - Infromasi Seputar Dunia Technology Yang Terbaru Menarik dan Terhangat. Baca Juga Tips dan Trick Mengnai Android, Games, Software, Dan Masih Banyak Lagi.

3 komentar

tips yang bagus. tapi sayangnya aku ga pakai iPhone

Berkomentarlah dengan Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Sopan
EmoticonEmoticon