May 05, 2016

Lakukan 5 Cara Ini Ketika Smartphone Kamu Terkena Air

Bekal Kami - Salah satu musuh utama dari barang elektronik adalah air. Karena itulah, para pemilik barang elektronik, terutama gadget harus sangat berhati-hati jika ada air di dekat gadget-nya. Air yang merupakan salah satu medium penghantar listrik yang baik (konduktor) tentunya sangat berbahaya bagi gadget Anda, karena dapat menimbulkan hubungan pendek yang berujung pada rusaknya gadget Anda.

Lalu bagaimana jika gadget Anda terkena air? Sebenarnya, ada beberapa metode pertolongan pertama yang dapat ditempuh sebelum Anda membawanya ke pusat reparasi atau pusat klaim garansi. Berikut adalah metode pertolongan pertama pada gadget yang terkena air:

1. Jauhkan Smartphone Kamu Dari Air Secepat Mungkin
Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengetahui gadget Anda terkena air adalah segera menjauhkannya dari sumber air tersebut.

2. Lepaskan Baterai
Jika gadget Anda masih menggunakan baterai terpisah (removable battery), segera mungkin untuk mengeluarkan baterai tersebut. Baterai adalah sumber listrik yang menjadi pemicu utama adanya hubungan pendek di sirkuit gadget Anda. Mencabut baterai akan menghindarkan gadget Anda mengalami hubungan arus pendek.

3. Keringkan Bagian Dalam dan Luarnya
Setelah memastikan tidak ada lagi listrik yang mengalir di gadget Anda dengan mencabut baterainya, langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar dan dalam. Caranya cukup mudah, gunakan lap kering dan singkirkan air yang berada di bagian luar bodi. Untuk bagian dalamnya, Anda dapat membongkar gadget Anda dan memulai mengeringkan sisa air yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak bisa membongkarnya, dua metode selanjutnya adalah metode alternatif lain untuk mengeringkan bagian dalam tanpa harus membongkar bagian dalamnya.


4. Rendam Smartphone Kamu Dengan Beras atau Serbuk Silika
Jika Anda tak bisa membongkar bagian dalam gadget Anda, coba rendam dengan serbuk silika. Serbuk silika dapat ditemukan di berbagai peralatan rumah tangga atau sepatu, dan biasanya dibungkus dengan tulisan "jangan dimakan". Jika tidak memiiki bubuk silika, Anda masih bisa mengunakan beras untuk menyerap air yang ada di dalam bodi gadget Anda. Meskipun tidak seampuh bubuh silika, namun metode menggunakan beras masih cukup dapat diandalkan.


5. Gunakanlah Alkohol Untuk Menggantikan Air Yang Ada di Dalam Smartphone Kamu
Alkohol adalah cairan yang memiliki sifat berbeda dengan air. Alkohol mudah sekali menguap, dan tidak dapat mengahantarkan listrik (khusus alkohol yang menggunakan air suling). Menggunakan alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95 persen adalah metode yang cukup ampuh untuk menghilangkan air dari dalam bodi gadget Anda. Siram gadget Anda dengan alkohol secara perlahan dan tunggu hingga alkohol tersebut menguap.

Sekian Artikel Dari Saya Mengenai Lakukan 5 Cara Ini Ketika Smartphone Kamu Terkena Air. Semoga Bermanfaat Bagi Kalian dan Kita Semua, Kemudia  Jangan Lupa Untuk Terus Mengunjungi Blog Bekal Kami - noel48.blogspot.com Untuk Terus Mengetahui Informasi - Infromasi Seputar Dunia Technology Yang Terbaru Menarik dan Terhangat. Baca Juga Tips dan Trick Mengnai Android, Games, Software, Dan Masih Banyak Lagi.

Berkomentarlah dengan Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Sopan
EmoticonEmoticon