May 14, 2016

Cara Unik Perusahaan Facebook Merekrut Security Engineer

Bekal Kami - Facebook baru-baru ini dilaporkan tengah kesulitan mencari ahli keamanan digital yang mumpuni untuk dijadikan karyawan. Untuk itulah, Facebook akan mengajak ratusan anak-anak dari usia remaja ke atas bermain "game hacking" yang dibuat secara khusus oleh Facebook.

Menurut Quartz, Facebook juga telah merencanakan turnamen untuk game hacking tersebut, dengan harapan bisa menumbuhkan bakat-bakat kemampuan sebagai staf keamanan siber sejak dini.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sendiri juga sangat dikenal memakai istilah "the hacker way" sebagai filosofi jalan hidup serta kegiatan bisnisnya. Pertanyaannya, apakah Facebook tidak memiliki perasaan bersalah jika mengajarkan bagaimana cara membobol keamanan digital kepada anak-anak usia dini? Marcos mengatakan bila menjadi hacker tidak selamanya menjadi penjahat.

"Menjadi hacker bukan pilihan yang buruk, karena seorang hacker sebenarnya seseorang yang menciptakan cara inovatif untuk memecahkan masalah. Tentu saja kami tidak mendukung segala bentuk tindak dan perilaku kriminal," ujar Marcos.

Facebook bukanlah satu-satunya perusahaan yang kekurangan staf di posisi security. Sebuah survey dari lembaga sertifikasi untuk pekerja profesional, yaitu ISACA menunjukkan bahwa lebih dari setengah perusahaan yang ada di Amerika Serikat harus menunggu antara tiga hingga enam bulan untuk mendapatkan seorang security engineer di tahun 2015 kemarin. 9 persen di antaranya bahkan tidak bisa menemukan kandidat yang tepat.

Tampilan game Facebook Capture The Flag


Game yang diciptakan oleh Facebook untuk mengedukasi anak-anak mengenai keamanan digital kali ini bernama Facebook Capture The Flag. Game tersebut memiliki gameplay yang mirip dengan board game Risk yang cukup terkenal di AS. Setiap tim akan berkompetisi untuk menguasai wilayah yang ada.

Menariknya, dalam game ini pemain, akan diminta menjawab berbagai pertanyaan terkait keamanan digital. Pemain kadang harus melakukan simulasi hacking sebuah situs tertentu demi mendapatkan wilayah di dalam game. 

Saat ini, game Facebook Capture The Flag bersifat open source, sehingga semua orang bisa berkontribusi untuk mengembangkannya. Facebook juga akan memberikan hadiah uang tunai bagi yang bisa menemukan bug  dalam game ini.

Usaha Facebook kali ini juga telah membuahkan hasil. Salah seorang pemian yang ikut bermain dan berkontribusi mengembangkan game ini telah bergabung dengan tim security engineer Facebook. Pemain tersebut mengaku bahwa ia telah bermain game Facebook Capture The Flag sejak kuliah.

Facebook juga sempat menggunakan salah satu versi game ini untuk dimainkan para pegawainya sepanjang acara "Hacktober", yaitu acara tahunan khusus, agar para pegawai Facebook lebih waspada terhadap keamanan digital. Acara tersebut digelar setiap bulan Oktober.

Pihak Facebook yang dipimpin oleh Marcos membuat beberapa bug "buatan" di dalam game. Tujuannya agar para pegawai bisa mencari bug tersebut dan melaporkannya. Namun, hasilnya malah di luar dugaan. Sebuah celah keamanan yang cukup berbahaya ditemukan di salah satu infrastruktur Facebook.

"Para pegawai terlihat sangat antusias, mereka melaporkan semua yang bisa dilaporkan," lanjut Marcos.

Penemunya merupakan pegawai Facebook dari Dublin yang akhirnya juga menjuarai acara Hacktober tahun 2015 kemarin. Ia pun diberikan hadiah khusus berupa kemeja dengan logo Hacktober.

Sekian Artikel Dari Saya Mengenai Cara Unik Perusahaan Facebook Merekrut Security Engineer. Semoga Bermanfaat Bagi Kalian dan Kita Semua, Kemudian  Jangan Lupa Untuk Terus Mengunjungi Blog Bekal Kami - noel48.blogspot.co.id Untuk Terus Mengetahui Informasi - Infromasi Seputar Dunia Technology Yang Terbaru Menarik dan Terhangat. Baca Juga Tips dan Trick Mengnai Android, Games, Software, Dan Masih Banyak Lagi.

Jujur gua lebih suka menghargai proses nya dibanding hasil akhirnya. Tapi, satu hal yang pasti sebuah hasil gak akan pernah menghianati prosesnya :D

Berkomentarlah dengan Menggunakan Bahasa yang Relevan dan Sopan
EmoticonEmoticon